[REVIEW] DJMAX RESPECT V (PC/Steam)




Halo halooo~ sudah lama tidak update lagi, dikarenakan sibuk dan baru saja ganti PC setelah 4 tahun diforsir nyala hampir seharian penuh :)) oh iya, Selamat Idul Fitri untuk semua teman-teman yang merayakan :D
Kali ini saya akan membahas game yang sedang jadi topik hangat karena mengadakan free trial sampai tanggal 25 Mei (besok gengs!), yaitu DJMAX RESPECT V!


Pertama kali rilis di Playstation 4 tanggal 28 Juli 2017 sebagai DJMAX RESPECT, game ini mengajak kalian ber-nostalgia khususnya bagi yang sudah pernah main beberapa titel sebelumnya (seperti PORTABLE series dan/atau TECHNIKA series), dengan berbagai fitur seperti BGA yang di-update dan remaster menjadi full HD, sistem online play, dan in-game achievements. 2 tahun kemudian, official channel YouTube DJMAX Official mengkonfirmasi bahwa akan hadir juga dalam bentuk PC melalui Steam, dengan nama DJMAX RESPECT V.
Setelah dirilis tanggal 19 Desember 2019 sebagai early access untuk mendapatkan feedback dari player, akhirnya game ini resmi hadir sebagai full release tanggal 12 Maret 2020, lengkap dengan DLC pertamanya yaitu V EXTENSION - berisi 20 lagu baru, gear, note skin dan tema interface khusus dari lagu "Dream it".




Lalu apa beda penamaan ini? Seperti dikutip dari live broadcast sejak diumumkannya port ini, penambahan embel-embel V ini artinya Versus, difokuskan untuk mode kompetitif - seperti Open Match (bermain dengan 7 orang sekaligus) dan Ladder Match (mungkin ini seperti mode dani nintei pada sebagian game, dengan adanya tingkatan/kelas untuk masing-masing mode tombol).
Untuk Open Match, jika seseorang di dalam room tidak memiliki/belum unlock lagu yang dipilih host, maka dia hanya bisa mengamati pemain lainnya (Observe Mode).

contoh Open Match

contoh Ladder Match

Lalu diperkenalkan juga AIR Mode (yang menggantikan Arcade Mode di PS4), yaitu kalian memainkan lagu tertentu secara random, atau meninggalkan komentar kepada player lain.

tampilan AIR Mode pada game

contoh AIR Mode

Dari segi isi konten, hampir seluruhnya sama dengan versi PS4, hanya beberapa lagu akan memiliki chart SC (Super Crazy), yang memang dibuat khusus untuk dimainkan dengan keyboard. Selain itu ada beberapa license songs yang khusus untuk RESPECT V, seperti "Alone" dari Marshmello, "POP/STARS" dari K/DA, "Sad Machine" dari Porter Robinson, dan masih banyak lagi.

--------------------------

Akhir kata, game ini super worthy, terutama bagi penggemar seri DJMAX - walau sayangnya sebagian lagu dari seri lain (seperti DJMAX TRILOGY, DJMAX PORTABLE Clazziquai Edition, DJMAX TECHNIKA, dll) harus dibeli dalam bentuk DLC. Base gamenya juga terhitung lumayan merogoh kocek (sekitar 700 ribu jika tidak diskon), dan membutuhkan PC atau laptop yang mumpuni karena sizenya yang besar sekitar 21GB (untuk ukuran saat ini sampai artikel ini ditulis, belum ditambah dengan 2 DLC berikutnya yang dijadwalkan rilis bulan ini). Untuk kalian yang ingin membeli, ada baiknya menunggu diskon -- walau rasanya nggak mungkin diskonnya sampai melejit, setidaknya menyelamatkan sedikit dompet kalian.

Saya sempat membeli game ini terlebih dulu saat masa early access, tapi karena PC saya saat itu spesifikasinya pas-pasan, akibatnya game ini nggak jalan sebagaimana mestinya -- lemot, offsync, berat. Masuk satu mode saja perlu nunggu 5 sampai 10 menit, pusing pala berbi. T_T tapi sekarang sudah lancar, finally. :')

That's all for now, see you at next journey!

Comments

Popular Posts