[REVIEW] maimai PiNK PLUS

Selamat malam!
Sudah lama ya nggak bahas game lagi, hehehe. Yuk tanpa berlama-lama langsung saja kita bahas game yang baru saja update, yaitu maimai PiNK PLUS!



maimai PiNK PLUS dirilis tanggal 30 Juni 2016. Seperti judulnya, ini merupakan versi upgrade dari seri maimai PiNK, dengan penambahan beberapa fitur yang semakin menarik buat dicoba. Salah satunya yaitu Grade Certification System (atau disebut Dani Nintei), yang sebelumnya menghilang di PiNK.


Mode ini bertujuan buat mengukur kemampuan kalian, dan dibagi atas 11 tingkatan, dari 1-dan hingga kaiden (tingkat tertinggi). Penamaannya sesuai tingkatan dalam bela diri Jepang (misalnya aikido), yaitu "dan". Kalian harus menyelesaikan 1 set (isi 4 lagu) berdasarkan tingkatannya dengan achievement minimal 97% (rank S). Course yang diambil dinyatakan gagal jika kalian tidak mencapai kriteria tersebut, dan untuk 9-dan keatas, permainan langsung selesai di lagu terakhir dimana kalian gagal memenuhi persyaratan. Selain course PiNK, kalian juga bisa mengambil course untuk seri lama (maimai 1.00, GreeN dan ORANGE), namun dimulai dari 8-dan.
Personally, mode ini betul-betul gue rekomendasikan buat kalian yang merasa stuck dan susah step-up buat main level-level gahar... sayangnya, mode ini baru muncul jika rating kalian minimal mencapai 5.00, dan kalian hanya bisa memilih mode ini saat sedang menentukan track pertama yang akan dimainkan.

Untuk lebih jelasnya cek video dibawah ya:


Next, bagi kalian yang doyan ragequit jika tidak mencapai target -- maka option TRACK SKIP akan menjadi favorit kalian. Track akan berakhir otomatis jika kalian tidak mencapai target, atau secara manual dengan cara tekan dan tahan 4 tombol (posisinya bebas namun masing-masing 2 tombol di kiri dan kanan), maka countdown akan muncul selama 5 detik sebelum benar-benar berakhir.

Berikutnya yaitu option baru -- minus achievement, dimana biasanya kalau kalian setting display achievement akan menghitung dari nol dan bertambah sesuai dengan input, maka minus achievement akan menghitung dari 100% dan berkurang jika kalian nge-tap atau slide dan mendapatkan dibawah PERFECT, atau mendapatkan BREAK dibawah 2600.



Atau kalian yang doyan menghitung score, maka option display score border bisa menjadi pilihan. Sama halnya seperti minus achievement, score akan berkurang jika saat nge-tap atau slide mendapatkan di bawah PERFECT atau BREAK dibawah 2600, namun bedanya border akan hilang jika hitungannya sudah minus (alias jauh dari border).



Buat kalian yang kadang-kadang panik tidak terkendali dan bingung dengan timing saat bermain, jangan khawatir! Tinggal pasang display FAST/SLOW dan atur posisi tulisannya sesuai selera untuk mengetahui apakah kalian terlalu cepat atau lambat pada saat tapping atau sliding note.


(Tambahan: semakin ke kiri maka tulisan FAST/SLOW akan menjauh ke dalam, semakin ke kanan maka posisinya semakin dekat dengan judgement)
Merasa timing lagunya tidak pas? Tinggal diatur, namun perlu dicatat mengganti setting ini tidak membuat ring tap zone semakin mundur ya, tapi waktu untuk ring atau kepala slide mencapai ring tap zone yang berubah.


Next thing, yang doyan menantang maut -- eh maksud gue main Challenge Track dan rajin komplain "LIFE 100 masih kurang!" "Wah, LIFE segini sih ga akan lolos, tunggu unlock aja deh..." This is what you're waiting for!

play06a_back
Minggu pertama hari ke 1-4: LIFE 1
Minggu pertama hari ke 5-7: LIFE 5
Minggu kedua hari ke 8-11: LIFE 10
Minggu kedua hari ke 12-14: LIFE 20
Minggu ketiga hari ke 15-18: LIFE 50
Minggu keempat hari ke 19-21: LIFE 100
Minggu keempat hari ke 22-28: LIFE 300
Hari ke-29 dan seterusnya: unlock default untuk semua player
Last but not least, mode yang baru dikenalkan, yaitu event course!
Loh, apa bedanya dengan Grade Certification (Dani Nintei)? Take it slow, people -- bedanya yaitu tingkatannya hanya dibagi atas untuk pemula (beginner), advanced, expert dan super expert. Persyaratannya sama seperti jika kalian bermain biasa, yaitu mendapatkan achievement minimal 80% (rank A) untuk semua lagu dalam 1 set. Jika kalian berhasil, maka kalian akan mendapatkan icon dan/atau profile frame eksklusif yang hanya bisa didapatkan dari mode ini dalam waktu terbatas. Perlu dicatat bahwa jika kalian ingin mendapatkan semua hadiah, diperlukan lebih dari 1 kali untuk bermain event course (biasanya setelah result kalian akan diberi tahu item berikutnya yang bisa kalian dapatkan jika memainkan lagi course tersebut).
Seperti halnya Grade Certification, kalian hanya bisa memilih mode ini ketika sedang memilih track pertama, tidak bisa dipilih saat memilih track kedua maupun selanjutnya.





Tampilan "Next Collection" yang memberitahu bahwa kalian akan mendapatkan item tersebut pada play berikutnya
Simak video dibawah untuk melihat lebih detail mengenai event course:



Versi baru, tentunya lagu baru! Sugar Song and Bitter Step dari UNISON SQUARE GARDEN bisa jadi pilihan buat kalian para pecinta J-Pop (author tips: coba level MASTERnya hehe), atau Hakanaki mono ningen dari ButaOtome buat penggemar Touhou Project. Are you anime lovers? Mungkin bisa coba Daydream cafe dari anime Gochuumon wa Usagi desu ka? (atau dikenal dengan "Is the order a rabbit?" dalam bahasa Inggris).

Mungkin segitu dulu review dari gue, beberapa media lainnya akan menyusul buat menunjang review ini semakin cetar dan menarik (aih!).

See you at next journey!


Comments

  1. udah lamaaa banget ga maen game laen kcuali dota nih. thanks ya reviewnya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts