[REVIEW] VOEZ (iOS/Android)

The long awaited rhythm game by Rayark Games is here, everybody!




VOEZ merupakan rhythm game terbaru dari Rayark Games, yang sebelumnya dinamakan Project V sebelum akhirnya diumumkan nama official untuk game ini. Setelah menunggu setahun sejak diumumkan, akhirnya VOEZ dirilis 26 Mei untuk iOS dan 1 Juni untuk Android.

Tampilan main menu
Seperti Cytus dan Deemo yang memiliki storyline tersendiri, VOEZ juga menghadirkan storyline yang dirangkum dalam Diary, dimana isi diary-nya harus di-unlock (kecuali 2 isi diary awal).

Gameplay-nya cukup unik, karena tap zone-nya berubah-ubah mengikuti lagunya. Mungkin pertama kali main kalian bakalan pusing, tapi nanti akan terbiasa kok. Ada 4 macam note dalam game ini, yaitu:
  • Tap (berwarna hitam dan ada diamond berwarna salmon di tengahnya)
  • Hold (sama seperti Tap, namun panjang dan diamond berwarna salmon terdapat di awal dan akhir note. Terkadang ada garis-garis tertentu sepanjang note yang mengindikasikan arah untuk tetap ditekan sambil digeser)
  • Slide (berwarna putih dan ukurannya lebih kecil)
  • Flick (berwarna hitam dan ada segitiga berwarna biru yang ukurannya agak besar di sisi kiri/kanan sebagai tanda untuk menggeser ke arah tertentu)
Tingkat kesulitan yang ditawarkan yaitu Easy, Hard dan Special.

Brightness (Easy)

Aquamarine (Hard)
Have to mention, ini buatannya Cashew, yang bikin Red Snow juga di Pump It Up PRIME.
You rock, bro!

Carnation (Special)
(gue rasa ini special paling mudah...)
Beberapa konten lainnya (seperti lagu dan avatar) ada yang harus di-unlock menggunakan key (berbentuk burung bulat), di mana kalian bisa mendapatkannya dengan unlock diary baru, atau membelinya melalui store (tentu saja ini pake duit beneran / pulsa untuk membelinya). Malas unlock lagu satu per satu? One advice dari gue, kalau betulan mainnya mengandalkan key gratisan, bersabarlah mengumpulkan 39 key untuk meng-unlock semuanya. :v
Untuk meng-unlock avatar, kalian tinggal tap gambar karakter kalian di menu setting, akan muncul "Get Roll" di kanan bawah yang nantinya menampilkan gacha untuk mendapatkan avatar. Sekali roll membutuhkan 1 key dan kalian mendapatkan 3 avatar secara random (kalau udah dapet mungkin nggak bakalan dapet lagi kayaknya).

Kabar baiknya, kalian gak perlu merogoh dompet / pulsa untuk membeli full version game ini, tapi kabar buruknya kalian bener-bener membutuhkan koneksi internet untuk bermain, terutama untuk login (melalui Facebook atau Twitter) ke dalam game, tidak seperti dua game pendahulunya yang bisa kalian mainkan secara offline (koneksi internet hanya diperlukan untuk beli pack dan upgrade ke full version saja).

Overall, menurut gue, Rayark strikes back! Setelah mereka selesai menggarap Deemo (yang ending-nya membuat orang-orang buang tissue sampe berbungkus-bungkus) dan Implosion (action game yang terkenal memakan memori bergiga-giga karena kualitas gambarnya yang setara dengan PS4 akan diangkat menjadi serial animasi), akhirnya ada lagi rhythm game terbaru dengan ciri khas developer game yang berbasis di Taiwan ini -- mempunyai storyline yang menarik dan gameplay yang tidak kalah menariknya. Ngomong-ngomong, di Taiwan sendiri ada Rayark Concept yaitu toko yang menjual semua official merchandise untuk semua game yang telah dirilis oleh Rayark Games, dan di dalamnya juga ada VOEZ Cafe buat yang suka hangout di kafe. Informasi lengkap mengenai Rayark Concept bisa dicek di Facebook page-nya disini.

Let your voice out and start playing VOEZ now!

Sampai jumpa di post berikutnya, becuase the rollercoaster of journey still ongoing!

Comments

Popular Posts