[REVIEW] GROOVE COASTER / RHYTHMVADERS 3 LINK FEVER

GROOVE COASTER 3 LINK FEVER
maaf, banner versi RHYTHMVADERSnya ngga ada :')
(bahkan websitenya nggak keurus)

Selamat siang!
Berhubung author kesayangan kalian ini sedang dalam "masa meditasi" sebelum besok acara Party4PiNK (yang reviewnya akan dibahas hari Minggu nanti), dan sesuai janji gue di post kemarin, sekarang gue mau bahas game yang lagi booming ini. Let's Groove!




GROOVE COASTER 3 LINK FEVER (atau RHYTHMVADERS 3 LINK FEVER untuk rilis di luar Jepang) merupakan seri terbaru game yang punya konsep "music + rollercoaster" ini, dan baru saja dirilis tanggal 10 Maret 2016. Ya, seri ketiga ini memang umurnya baru 2 bulan, tapi antusiasme pemainnya sudah membludak bahkan sebelum seri ini resmi diluncurkan. Poin apa saja yang membuat game ini ditunggu-tunggu kehadirannya? Sebelum gue bahas hal ini, berhubung banyak sekali yang penasaran gimana bermain game ini, let's back to basics lewat video tutorial ini:


Sedikit tambahan: sebenarnya ada note yang tersembunyi (yang disebut AD-LIB) yang memberikan kalian bonus score jika kalian menekannya, plus jika kalian menemukan semuanya (100%) di lagu yang dimainkan, maka kalian mendapatkan clear status FULL CHAIN -- tapi clear status akan menjadi NO MISS jika kalian lupa menekan salah satu AD-LIB note atau tidak menekannya sama sekali. Clear status PERFECT diberikan jika kalian 100% mendapatkan GREAT untuk semua note (termasuk AD-LIB).

Now back to topic, people -- sekarang gue bahas satu per satu kenapa seri ini menarik antusiasme pemain yang luar biasa...
Pertama, event play yang menggunakan sistem online matching mode. Kalian akan berkompetisi dengan 3 orang lainnya dari lokasi ataupun negara lain secara random, dan masing-masing player memilih lagu yang nantinya akan ditentukan juga secara random. Akan lebih jelas jika kalian nonton video berikut:


Tambahan lagi, hadiah yang ditawarkan selama event tidak hanya terbatas pada title, trophy dan avatar saja, kalian bisa mendapatkan lagu tertentu yang memang terbatas sebagai hadiah event saja, lho.

Kedua, jika kalian telah mendaftarkan NESiCA ID card di website mypage.nesica.net (tutorial dalam bahasa Inggris bisa kalian lihat disini) dan mengakses mypage.groovecoaster.jp (login dengan 16 digit nomor seri kartu NESiCA kalian beserta password saat pendaftaran), banyak fitur baru yang ditampilkan -- salah satunya friend system.

Tampilan friend page.
Translation per tab: friend ranking, friend request, view friend code, setting
Tampilan untuk add friend melalui friend code
Tampilan untuk friend code pribadi
(ini punya saya tapi feel free to add)
Ketiga, tentunya kalian sudah tahu kalau GC alias groove coins biasanya hanya terbatas untuk membeli lagu, avatar (icon kecil yang mewaikili kalian saat bermain), skin dan item. Mulai seri ketiga ini, ada 2 jenis shop baru yang dibuka, yaitu message shop (untuk memasang message yang gunanya mengirim pesan spesifik saat matching) dan sound effect shop (untuk merubah suara AD-LIB).

Message shop dan sound effect shop di 2 tab terakhir


Untuk menggunakan message yang kalian beli, kalian bisa memasangnya di halaman message dan cukup tap salah satu slot nomor untuk mengganti isinya dengan yang sudah dibeli. Ada 10 slot nomor yang bisa kalian ganti, yang nantinya bisa dipakai dan dikirim saat matching (lokal maupun online).


Keempat, ada karakter khusus yang akan memandu kalian sepanjang game ini, yaitu LINKA. Untuk versi bahasa Jepang pengisi suara untuk karakter ini adalah salah satu personil StylipS, Moe Toyota. Untuk versi bahasa Inggris, pengisi suaranya adalah Jennifer Skidmore. Desain gambar untuk LINKA sendiri dibuat oleh Suzuhito Yasuda.
Lagu tema untuk game ini, "LINK LINK FEVER!!!" dibawakan langsung oleh Moe Toyota (ga ada versi bahasa Inggris buat lagu ini ya...) -- dan kalian hanya bisa mendapatkan lagu ini jika kalian menambahkan minimal 1 orang teman melalui mypage.



Last but not least, lagu-lagu baru yang lebih menantang dan menarik. Misalnya saja "Otsukare Summer!" dari Dempagumi.inc, "ANTI-HERO" dari SEKAI NO OWARI, "STAKEHOLDER" dari tofubeats, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Segera kunjungi game center terdekat ya! Untuk di Jakarta, kalian bisa menemukannya di Amazone Artha Gading, Amazone AEON Mall, Amazing Town Gandaria City, Amazing Town Lotte Shopping Avenue dan Fun World Central Park (sayangnya masih offline dan hanya 2 stage). Di Bandung kalian bisa langsung ke Game Master Istana Plaza untuk mencobanya (lokasi lain menyusul mungkin?). Gue kurang tahu kalau di kota lain di Indonesia udah ada atau belum, jadi baru segini yang sudah fix ada dan online :D

See you at next post, because the rollercoaster of journey soon have a next pit stop: Party4PiNK! :)

Comments

Post a Comment

Popular Posts